Keuntungan Beternak Sapi Potong

sa

Ternak Sapi Potong. Tidak perlu ditanyakan lagi mengapa bisnis sapi potong begitu menggiurkan. Selama bertahun-tahun banyak peternak kecil maupun peternak sapi potong besar yang sudah merasakan nikmatnya beternak sapi potong. Banyak peternak sapi potong yang telah mengantarkan anaknya menjadi sarjana hanya karna memiliki usaha sampingan beternak sapi potong. Berikut beberapa keuntungan beternak sapi potong.

1. Kebutuhan Daging Sapi Potong terus meningkat dan berkesinambungan

Kebutuhan daging sapi potong bagi industri kecil dan rumah tangga, termasuk industri pembuatan bakso dan rumah makan masih bisa dipasok dari pemotongan sapi didalam negeri. Namun, beda halnya dengan kebutuhan daging sapi untuk industri skala besar dan menengah yang tidak bisa dipenuhi oleh produksi dalam negeri.

2. Belum banyak yang beternak sapi secara intensif

Mayoritas sistem pemeliharaan sapi potong di Indonesia tidak dilakukan secara intensif. Kegiatan beternak sapi potong hanya sebagai usaha sampingan. Bahkan, rata-rata kepemilikan sapi potong peternak di Indonesia hanya sekitar 2-5 ekor. Keadaan ini sangat berbeda dengan kondisi peternakan diluar negeri yang sudah memelihara sapi dengan sangat intensif dengan populasi puluhan hingga ratusan ekor. Karna itu, kondisi ini menciptakan peluang bagi siapa saja yang berminat untuk beternak sapi potong.

3. Harga Jual Sapi tinggi dan terdapat Momen Harga melambung tinggi

Harga jual daging sapi selalu lebih mahal dibandingkan dengnan harga jual daging ayam, itik atau kambing. Harga daging sapi ditingkat konsumen rata-rata 60.000/kg, sedangkan harga bobot hidup daging sapi ditingkat peternak rata-rata 30.000/kg pada hari biasa. Pada momen-momen tertentu seperti Hari Raya idul Fitri dan Idul Adha, harga daging sapi ditingkat konsumen rata-rata mencapi 70.000/kg, sedangkan harga bobot hidup daging sapi ditingkat peternak mencapi 35.000/kg.

4. Dapat memilih segmen usaha yang ingin dijalani

Usaha beternak sapi potong menawarkan banyak bidang usaha. Misalnya, usaha bagian hulu yang dapat menunjang usaha pembesaran, meliputi pembibitan, sarana produksi, pakan dan obat-obatan. Diusaha sentral, segemen usaha yang dapat dijalankan berupa industri penggemukan dan penyediaan pupuk organik. Sementara itu, di industri hilir terbuka peluang usaha seperti rumah pemotongan hewan, distributor dan penjual daging di pasar. Berikut jenis usaha utama dan usaha sampingan yang bisa dipilih dalamm usaha bisnis sapi potong :

  • Usaha Pembibitan
  • Usaha Penggemukan Sapi Potong
  • Usaha Pengolahan Kotoran Sapi
  • Usaha Penunjang Beternak Sapi Potong

 

Be Sociable, Share!
You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Keuntungan Beternak Sapi Potong”

  1. natural nusantara…

    [...]Ternak Sapi Potong | Usaha Sapi Potong | Harga Sapi Potong | Jual Sapi -Ternak Sapi -Sapi Potong[...]…

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: WordPress Themes | Thanks to best wordpress themes, Find WordPress Themes and Themes Directory